RSS

Sidang Kerusuhan Temanggung:

10 Sep

Penghasut, Syihabuddin Divonis 1 Tahun

Selasa, 14 Juni 2011 | 16:57 WIB
Syihabuddin, terdakwa penghasut kerusuhan Temanggung mendengarkan tuntutan jaksa dalam sidang lanjutan di PN Semarang, Selasa (31/5/2011). | K7-11

SEMARANG, KOMPAS.com — Terdakwa yang dituduh sebagai penghasut dalam kerusuhan Temanggung, Syihabuddin divonis satu tahun penjara. Dalam sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Negeri Semarang, Selasa (14/6/2011) majelis hakim yang diketuai Edhi Tjahjono, SH menilai terdakwa secara sah dan meyakinkan telah melanggar Pasal 170 KUHP.

Putusan itu disambut dengan teriakan takbir dari pengunjung sidang. Terhadap vonis ini, baik Syihabuddin maupun penasihat hukumnya menyatakan banding. Menurut Anis Prijo Anshori, penasihat hukum terdakwa, majelis hakim dalam pertimbangan putusannya mengabaikan fakta-fakta yang terungkap di persidangan.

“Semua diawali berdasarkan keyakinan majelis hakim. Dengan kondisi seperti itu, fakta bahwa terdakwa berada dalam ruangan saat kerusuhan terjadi juga diabaikan. Karena itu, kami mengajukan banding,” kata Anis Prijo Anshori.

Sementara itu, suasana sidang sedikit memanas karena saat majelis hakim membacakan putusannya, para pengunjung berteriak-teriak. Setelah sidang, Syihabuddin langsung dibawa dengan kendaraan taktis Brimob Jawa Tengah, agar tak terjadi keributan. Sementara itu, tujuh terdakwa yang disidangkan terpisah, masing-masing mendapatkan vonis 5 bulan penjara.

Sumber: Kompas.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 September 2011 in Kerusuhan SARA, Pengrusakan Gereja

 

Tag: ,

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: