RSS

Amanat Agung Yesus

11 Nov

The Great Commission


Jesus

Jesus

   Amanat Agung adalah perintah langsung dari Yesus untuk memberitakan Injil kepada sebelas muridNya (Simon Petrus, Andreas, Yakobus, Yohanes, Filipus, Bartolomeus, Tomas, Matius, Yakobus Anak Alpeus,  Tadeus, Simon orang Zelot, tidak termasuk Yudas Iskariot karena telah berhianat) sebelum terangkat ke surga atau kerumah BapaNya. Selengkapnya perintah Amanat Agung Yesus yang terakhir ini tertulis di  Matius 28:16-20.

Sebelumnya Yesus memerintahkan muridNya untuk pergi ke bukit Galilea, dan mereka bertemu disana. Ketika sampai di bukit Galilea, mereka menyembahNYa tetapi mereka ragu dan bimbang, “apakah benar yang mereka lihat tersebut benar Yesus”.

28:19    Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

28:20    dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Point  penting yang perlu kita ketahui dari Amanat Agung Yesus adalah :

Pertama : “pergilah” dan “jadikanlah”

Kedua    : “semua bangsa menjadi muridKu.”

Ketiga    : “baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus”

Kempat : “ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu”

Kelima   : “ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Yesus sangat mengerti bahwa untuk melaksanakan Amanat Agung ini tidaklah gampang untuk itu Yesus memberkati murid-muridNya pada hari Pentakosata atau hari Turunnya Roh Kudus: “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Para Rasul. 1:8).

Maka pada hari Pentakosta, Roh Kudus turun atas murid-muridNya. Murid Yesus yang pertama memberitakan Injil adalah Petrus. Pada hari turunnya Roh Kudus Petrus segera memberitakan Injil di Yerusalem. Pada saat ini dikatakan ada sekitar 3.000 orang dibaptis dan menjadi murid Jesus.  Kemudian murid-murid Tuhan Yesus semakin giat memberitakan Injil. Mereka tidak hanya memberitakan Injil di Jerusalem, tetapi keseluruh Yudea dan Samaria. Mereka menyebar meberitakan Injil keluar dari Jerusalem.

Dalam perkembangan berikutnya, Injil diberitakan melalui “missioner” atau “zending” keseluruh ujung dunia dan sampai kepada kita di Indonesia.

Bagaimana dengan kita ? Dapatkah kita melaksanakan “Amanat Agung Yesus” ? Atau sudah sampai dimana kita dalam melaksanakan Amanat yang Agung itu.

Amanat Agung

Teks

Matius 28

Inggris

  • 19 – “Go ye therefore, and teach all nations, baptizing them in the name of the Father, and of the Son, and of the Holy Ghost:”
  • 20 – “Teaching them to observe all things whatsoever I have commanded you: and, lo, I am with you always, even unto the end of the world.”

Batak Toba

  • 19 – “Laho ma hamu, podai hamu ma saluhut bangso, didi hamu ma nasida tubagasan Goar ni Ama. Anak dohot Tondi Parbadia!”
  • 20 – “Laos ajari hamu ma nasida mangaradoti nasa hata naung hupatikkon tu hamu. Ai ida ma, sai na dongananku do hamu ganup ari, rasirasa ro ajal ni hasiangan on.”
  • 19    Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
  • 20    dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

St. JEB.

—-

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 11 November 2011 in Artikel Katolik, Artikel Kristen, Beranda

 

Tag: ,

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: