RSS

Tanggapan Atas Dalil Martin Luther

15 Nov

Sebagai Jawaban dari 95 Dalil Martin Luther maka pada tanggal 15 Juni 1520, Gereja Katolik Roma – Paus Leo X, mengeluarkan tanggapan atau “Bulla Kepausan” berupa Exsurge Domine yang berarti adalah Bangkitlah, O Tuhan.

Bulla kepausan mengultimatum DR. Martin Luther dalam waktu 60 hari untuk segan dari 95 Dalil Martin Luther, beberapa dari tulisan-tulisan atau perkataan-perkataan lainnya yang dianggap berasal dari Martin Luther.

Pada tanggal berakhirnya Bulla Kepausan yaitu tanggal pada tanggal 10 Desember 1520, DR. Martin Luther membakar salinan bulla yang diterimanya serta jilid-jilid Hukum Kanon Gereja Katolik di dekat Gerbang Elster di Wittenberg. Tindakan ini dilakukan oleh DR. Martin Lutheer sebagai reaksi atas tindakan Dr. Johann Maier von Eck, seorang Teolog dan pejuang Katolik  (13 November 1486 – 13 Februari 1543 ) yang menyebarkan Bulla Kepausan di berbagai tempat di Jerman.

Kemungkinan besar DR. Martin Luther sedang kesal atau emosi maka ketika membakar salinan bulla dan Jilid-jilid Hukum Kanon tersebut, dia berkata dengan mengutip ayat dari Mazmur 21:9, “Karena engkau telah mengutuk kebenaran Tuhan, hari ini Tuhan mengutuk dirimu. Api akan memakanmu!”.

Karena DR. Martin Luther menolak perintah Bulla Kepausan, maka pada tanggal 3 Januari 1521, Paus Leo X mengeluarkan Bulla Kepausan yaitu Decet Romanum Pontificem untuk merealisasikan “hukuman mengekskomunikasi dirinya“.

St. JEB.

—–

Sumber:
Dari Wikipedia bahasa Indonesia.
Iklan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 15 November 2011 in Beranda

 

One response to “Tanggapan Atas Dalil Martin Luther

  1. julia

    12 Maret 2012 at 12:41

    bagus-bagus

     

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: