RSS

Ibadah Raya Jubileum HKBP

02 Des

Puncak dari seluruh perayaan Jubileum 150 Tahun HKBP direncanakan pada hari Minggu, 4 Nopember 2011 bertempat di Stadion Utama Gelora Bung karno. Acara dimulai pukul 14.00 WIB sampai jam 18.00 WIB.

Stadion Utama yang dibangun oleh Presiden I Indonesia Bung Karno untuk menyambut pelaksanaan Asian Games tahun 24 Agustus 1962, sebelumnya dikatakan berkapasitas 120.000 orang, tetapi sejak tahun 2007 ketika Piala Asia di langsungkan di Jakarta kapasitas Stadion dirubah menjadi 88.083 orang atau tempat duduk resmi. Bisa dibayangkan bagaimana acara Ibadah Raya Nasional dengan jumlah kapasitas SUGBK, belum lagi nanti yang duduk di tangga atau hanya berdiri karena tidak kebagian tempat duduk.

Bentuk acara dari Jubileum HKBP 150 tahun adalah dalam bentuk Kebaktian atau Ibadah Raya Nasional. Diperkirakan SUGBK akan penuh diisi oleh jemaat HKBP dari seluruh Jabodetabek. Acara ini akan dihadiri oleh Ephorus HKBP Pdt. DR. Bonar Napitupulu, Sekjen HKBP Pdt. DR. Ramlan Hutahaean, MTh dan fungsionaris HKBP Pusat, Distrik sampai kepada tingkat Pagaran.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah dipastikan akan menghadiri acara puncak Jubileum 150 tahun Huria Kristen Batak Protestan ( HKBP) di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta yang dijadwalkan Sabtu, 26 November 2011. Selain juga menurut informasi dar media, panitia juga mengundang para tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, dan tokoh gereja dari Jerman dan Australia.

Sebagai Ketua Umum Nasional Jubileum 150 Tahun HKBP, Edwin Pamimpin Situmorang, SH MH yang juga JAM Intel Kejagung, dan sebagai  Ketua Pelaksana Perayaan Jubileum adalah Otto Hasibuan, SH. yang sehari-harinya adalah sebagai Ketua Umum Peradi.

Dari berita yang ada bahwa sebelum acara puncak, berbagai kegiatan dalam rangkaian Jubelium 150 tahun HKBP sudah dilakukan berupa kegiatan sosial seperti  donor darah, pengobatan gratis, dan kegiatan berupa seminar, festival koor dan konser musik di seluruh gereja HKBP yang tersebar di Indonesia dan diluar negeri.

Selanjutnya untuk pembangunan fisik, Panitia mengatakan melakukan revitalisasi Rumah Sakit (RS) HKBP Balige, Toba-Samosir (Tobasa) serta merenovasi kantor pusat HKBP di Pearaja, Tarutung.

Pembangunan Gedung Sopo Marpikir

Karena Jubileum biasanya dilaksanakan 50 tahun sekali maka pada Perayan Jubileum 150 tahun ini Panitia Nasional merencanakan pembangunan “Sopo Marpikir” yang artinya Rumah tempat berpikir, di Pulau Gebang Jakarta Timur.  Pembangunan Sopo Marpikir yang direncanakan bertingkat delapan diatas tanah seluas satu hektar, dan dimulai pada bulan Oktober 2011.

Gedung yang memakan biaya sebesar Rp, 65 milyar ini direncanakan sebagai tempat berdiskusi, seminar yang mampu melahirkan ide dan terobosan untuk lebih menguatkan HKBP. Dana pembangunan Sopo Marpikir diperkirakan sebesar Rp. 65 miliar tersebut diharapkan dari jemaat HKBP yang mencapai 4 jutaan, dan sisanya sebesar Rp. 61 Milyar adalah dari para donatur.

Sebelumnya Ephorus HKBP, Pdt DR Bonar Napitupulu mengatakan ”Jubileum 150 tahun HKBP ini juga akan jadi momentum untuk mengakhiri segala ketertindasan dan kemiskinan guna mencapai sejahtera , damai, aman dan tertib,” ujar Ephorus HKBP, Pdt DR Bonar Napitupulu.

Tulisan lainnya:

  • [/archieves 10]
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 Desember 2011 in Acara Kebaktian, HKBP Jubileum 150

 

Tag:

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s