RSS

Mahasiswa Pelaku Bakar Diri Ternyata Sondang Hutagalung

10 Des

Sondang Hutagalung

Pelaku Bakar Diri Masih Hidup Tapi Kritis

Lelaki pelaku bakar diri di depan Istana Merdeka Jakarta, Rabu 7 Desember 2011 ternyata bernama Sondang Hutagalung dan terdaftar sebagai mahasiswa fakultas hukum angkatan 2007 Universitas Bung Karno. Kondisinya masih kritis dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta Pusat.

Di akun twitter Sondang sempat dikabarkan meninggal dunia, dan dikabarkan juga bahwa Sondang sebelumnya sempat menghilang sekitar 3 minggu sampai sebulan sebelum ditemukan membakar diri. Sondang juga dikenal di kalangan rekan-rekannya sebagai aktifis sosial. Di kalangan teman-temannya, Sondang Hutagalung akrab disapa Hidung. Dia juga dikenal sebagai pria yang sederhana dan memiliki kepedulian tinggi.

Motif dari Sondang melakukan aksi bakar diri belumlah jelas. Ketua Divisi Advokasi KontraS Krisbiantor, meyakini Sondang Hutagalung, pelaku bakar diri di depan Istana Merdeka, adalah seorang aktivis. Sondang acap beraksi membela janda-janda pahlawan. Dia menduga, motif Sondang membakar diri lantaran kesal pemerintah acap membiarkan pelanggaran hak asasi manusia.

Karena belum jelas penyebabnya, Forum Alumni UBK bakal mengawal kasus ini. “Jangan sampai kondisi Sondang dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, kami telah menggali informasi rekan-rekannya serta orang tuanya, tapi kami belum tahu latar belakang dia melakukan bakar diri,” kata Richard.

Saksi mata menuturkan, Sondang datang ke Istana dengan berjalan kaki dari arah Jalan Merdeka Barat. Saat itu tubuhnya sudah kuyup dengan bensin. Tepat di depan istana, tiba-tiba…bluus, tubuhnya sudah dikurung api. Hampir sekujur tubuh korban meleleh. Semuanya tidak terduga.

Sondang Hutagalung adalah anak bungsu dari empat bersaudara pasangan Victor Hutagalung dan Dame Sipahutar. Ayahnya seorang supir taksi. Kakak-kakaknya bernama Bob, Herman dan Tersi. Mereka tinggal di Perumahan Pondok Ungu, Bojong Pengairan, Medan Satria, Bekasi. Dikalangan keluarga Sondang dikenal sebagai anak yang baik dan penurut dan sering sekali membantu pekerjaan rumah tangga. Dia juga taat beribadah.

Sepatu Pantofel Hitam.

Kepastian dari pelaku bakar diri tersebut diketahui dari sepatu pantofel hitam yang tidak terbakar. Karena sebelumnya Sondang dan kakanyanya Herman baru membeli sepatu yang akan dipakai Sondang untuk persiapan wisuda Sarjananya.   Itulah yang membawa keluarga Sondang Hutagalung datang ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Untuk lebih memastikan identitas pelaku bakar diri tersebut maka Ibunya Sondang, yakni Dame Sipahutar sudah menjalani tes DNA di Disaster Victim Identification, Pusdokkes Polri, Cipinang

Catatan :

Dari semua berita yang saya baca di internet dikabarkan bahwa Sondang adalah seorang anak yang baik, dan penurut. Dia juga aktif di organisasi sosial dan tidak pernah menyusahkan orang lain. Sondang adalah anak Tuhan yang taat beribadah dan sering mengingatkan atau mengajak temannya untuk kebaktian. Tetapi mengapa Sondang Hutagalung membakar diri ? Ada apa dengan dirimu ? Berjuanglah tapi jangan putus asa saudaraku.

*/ Dari berbagai sumber media internet dan televisi.

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Posted by pada 10 Desember 2011 in Beranda

 

Tag:

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: