RSS

Manfaat Daun Sirih

17 Apr

Daun Sirih sebagai tumbuhan asli Indonesia, saat ini sudah jarang diketahui orang khasiat dan maanfaatnya. Kebanyakan orang hanya tahu bahwa daun sirih digunakan hanya untuk “nyirih” para orangtua jaman dulu atau orang tua yang tinggal di kampung halaman. 

Manfaat daun sirih sebenarnya sudah terbukti sejak zaman dahulu. Para orangtua zaman dulu dan yang masih tinggal dikampung masih menggunakan daun sirih sebagai salah satu cara untuk pengobatan tradisional.

Beberapa manfaat dan khasiat daun sirih adalah : 

1.    Menghilangkan Bau Mulut.

Caranya: Rebus 2-4 lembar daun sirih hingga mendidih, kemudian diamkan sampai hangat, gunakan air rebusan tersebut untuk kumur-kumur. Anda juga bisa langsung mengunyah selembar daun sirih untuk menghilangkan bau mulut.

2.   Menghilangkan Bau Badan. 

Caranya: Ambil lima lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum di siang hari. 

3.   Bronkitis. 

Caranya: Rebus tujuh lembar daun sirih yang telah dicuci bersih bersama sepotong gula batu dalam dua gelas air bersih. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum tiga kali sehari masing-masing sepertiga gelas. 

4.   Batuk. 

Caranya: Siapkan 15 lembar daun sirih dan tiga gelas air. Cuci bersih daun tersebut dan rebus sampai tersisa menjadi tiga perempat bagian. Minum bersama madu. 

5.   Mimisan. 

Caranya: gulung selembar daun sirih dengan tujuan mengeluarkan minyaknya. Setelah itu masukkan ke hidung untuk menyumbat aliran darah yang keluar. 

6.   Luka bakar.

Caranya: Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Bubuhkan ke tempat luka bakar. 

7.   Mata Gatal dan Merah. 

Caranya:  Ambil 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan segelas air sampai mendidih. Tunggu sampai dingin dan gunakan untuk mencuci mata dengan gelas cuci mata tiga kali sehari sampai sembuh. 

8.   Bisul. 

Caranya: Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan dioleskan pada bisul dan sekelilingnya. Balut dan ganti dua kali sehari. 

9.   Menghentikan Gusi Berdarah. 

Caranya: Rebus empat lembar daun sirih dalam dua gelas air. Gunakan untuk berkumur. 

10.   Koreng dan Gatal-Gatal. 

Caranya: Rebus 20 lembar daun sirih sampai mendidih. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk membasuh koreng dan gatal. 

11.  Sariawan. 

Caranya:Ambil 1-2 lembar daun sirih kemudian cuci bersih. Kunyah sampai lumat dan buang ampasnya setelah selesai. 

12.  Keputihan. 

Caranya: Rebus 7-10 lembar daun sirih menggunakan 2,5 liter air sampai mendidih. Kemudian setelah air menjadi hangat, gunakan untuk membasuh dan membersihkan kemaluan secara berulang-ulang. Untuk lebih praktis, Anda bisa menggunakan sabun atau pembersih yang menggunakan bahan sabun sirih, yang lebih populer di sebut dengan sabun sirih. 

13.  Mengurangi ASI Berlebih. 

Caranya: Ambil beberapa daun sirih, cuci bersih dan olesi dengan minyak kelapa. Kemudian hangatkan di atas api sampai layu. Tempelkan di seputar payudara yang bengkak selagi masih hangat. 

14. Jerawat. 

Caranya: Ambil 7-10 lembar daun sirih, cuci bersih dan tumbuk halus. Seduh dengan dua gelas air panas. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka. Lakukan 2-3 kali sehari.  

Semoga informasi tersebut bermanfaat.

JEB: Dari Berbagai Sumber.
Iklan
 

Tag:

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s