RSS

Mengenal Penyakit Asam Urat

17 Apr

Setiap orang dapat terkena penyakit asam urat. Hal ini disebabkan adalah bisa keturunan dari orangtua, pola makan yang tidak sehat, dan faktor usia masuk 40 tahun. Penyakit asam usat atau radang sendi adalah akibat peningkatan kadar asam urat darah disebut dengan artritis gout atau artritis pirai. Artritis gout yang akut disebabkan oleh reaksi radang jaringan terhadap pembentukan kristal urat atau karena tingginya kadar asam urat dalam darah akibat gangguan metabolisme protein purin. 

Nilai asam urat secara normal adalah:

  • Wanita =  2,4 – 6,
  • Pria     =  3,0 – 7.

Seseorang dikatakan menderita asam urat (gout) jika setelah dilakukan pemeriksaan mikroskopik dengan hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa dari cairan sendi atau tofus (benjolan asam urat) ditemukan kristal asam urat yang berbentuk jarum. 

Penyakit asam urat pada umumnya adalah menyerang kaum pria, sedangkan pada perempuan persentasenya kecil dan baru muncul setelah menopause. Kadar asam urat kaum pria cenderung meningkat sejalan dengan peningkatan usia. Pada wanita, peningkatan itu dimulai sejak masa menopause.  Hal ini karena perempuan mempunyai hormon estrogen yang ikut membantu pembuangan asam urat lewat urine. Sementara pada pria, asam uratnya cenderung lebih tinggi daripada perempuan karena tidak memiliki hormon estrogen tersbut. 

Jadi selama seorang perempuan mempunyai hormon estrogen, maka pembuangan asam uratnya ikut terkontrol. Ketika sudah tidak mempunyai estrogen, seperti saat menopause, barulah perempuan terkena asam urat. 

Gejala penyakit Asam Urat biasanya ditandai dengan Kesemutan dan linu, nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur.  Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi. 

Untuk mencegah atau menghindari penyakit asam urat menyerang tubuh kita maka perlu kita mewaspadai atau menghindari makanan seperti berikut ini:

  • Makanan yang dapat meningkatkan asam urat, seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak,
  • Makanan laut: udang, kerang, cumi, kepiting.
  • Makanan kaleng: kornet, sarden dan ekstrak daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Emping, melinjo, kangkung, bayam, daun Singkong, daun jambu mmete, asparagus, buncis dan kembang kol.
  • Kacang-kacangan : kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, tempe, tauco, tauge, oncom, susu kedelai.
  • Buah durian, alpukat, nanas, air kelapa, jus sirsak.
  • Minuman dan makanan beralkohol

Pengobatan Sederhana:

  • Banyak minum air putih karena dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.
  • Khusus orang yang berbadan gemuk dianjurkan menurunkan berat badan.

Jika terkena penyakit asam urat, berhati-hatilah terhadap produk Jamu Obat Tradisional. Beberapa Jamu Obat Tradisional telah dilarang dan ditarik dari peredarannya berdasarkan “Public Warning” yang dikeluarkan BPOM RI pada tanggal 2 Juni 2008 lalu dengan SK-BPOM Nomor : KH.00.01.43.2773 tentang Jamu dan Obat Tradisional  yang mengandung Bahan Kimia Obat, seperti :

  1. Yang mengandung Fenilbutason antara lain : Pacengin Kapsul Alami, Runrat ( Asam Urat ) Tablet, Jasa Agung 2 Serbuk, Akar Baru Cina Tablet, Jawa Dwipa Cap Daun Sambiroto, Cairan Obat Dalam, Sinar Manjur SMR Serbuk, Ramuan Shin She Kapsul, Sumber Sehat Perempuan Serbuk, Sumber Sehat Ambeien Sehat Serbuk, Asam Urat Flu Tulang Cakra Wijaya Serbuk, dan Ramuan Manjur Flu.
  2. Yang mengandung Metampiron antara lain : Serbuk Dewa, Karisma Sehat Pria dan Wanita Serbuk, Sumber Urip Pegal LinuSerbuk, Asam Urat ( Flu Tulang ), Akar Sewu Serbuk, dan Jaka Suna Gemuk Sehat Serbuk.
  3. Yang mengandung Parasetamol antara lain : Asam Urat Flu Tulang Cap Onta Kapsul, Ramuan Cina Kapsul, Sari Bunga Segar Bugar Serbuk, Asam Urat Flu Tulang Karisma Sehat Serbuk, Akar Sakti Asam Urat Flu Tulang Stroke Serbuk, Sehat Sentosa Gemuk Sehat Serbuk, Serbuk Halus Asam Urat, Serbuk Segar Asam, Super Abad 21 Asam Urat Flu Tulang ( Walet ) Serbuk, Flu Tulang Pegal Linu Puspita Surya Serbuk, Cap sarang Walet Serbuk, Sari Jagad Manjur Asam Urat Kapsul, serbuk Asrema, Dua Putri Bayan ( Asam Urat ) Kapsul.
  4. Yang mengandung campuran Fenilbutason dan Parasetamol antara lain : Asam Urat Pegel Linu Cikunguya Tablet, Dewa Ampuh Serbuk, Purba Sentosa Pegal Linu / Rheumatik Serbuk, Asam Urat Pegal Linu Serbuk, Fong Se Wan Kapsul, Asam Urat – Flu Tulang Cap Onta Mas Kapsul.
  5. Yang mengandung Fenil butason dan Metampiron adalah : Pegal Linu dan Asam Urat Cap Burung Glatik Serbuk.

Tips Sederhana menghadapi penyakit asam urat: 

  • Jangan minum obat sembarangan karena dapat mempengaruhi ginjal dan lambung.
  • Untuk menghilangkan rasa sakit jangan minum aspirin, pilih jenis ibuprofen dan lainnya, atau pergi ke klinik terdekat.
  • Perbanyak minum air putih– terutama bagi penderita yang mengidap batu ginjal– untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh.
  • Makan makanan yang mengandung potasium tinggi seperti: (Sayuran dan buah-buahan, kentang, alpukat,susu dan yogurt, pisang.
  • Makan buah-buahan kaya vitamin C, terutama jeruk dan strawberry.
  • Aktif melakukan hubungan seksual dengan pasangannya, karena menurut penelitian bahwa Seks ternyata memperlancar produksi urin sehingga menurunkan kadar asam urat.
  • Tetap Sehat dan Semangat
 JEB: Dari Berbagai Sumber.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 17 April 2012 in Artikel Kesehatan, Pengobatan Tradisional

 

Tag: ,

2 responses to “Mengenal Penyakit Asam Urat

  1. Friska Melva Marintan

    16 November 2012 at 00:58

    Pak Pdt. sekarang ada cara terbaru mengecek asam urat. Caranya gampang. cek darah dg dijarum, bisa utk cek kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol. Saya sudah rutin cek kadar gula darah sekalian dg asam urat dan kolesterol.

     
  2. anyelire

    7 Agustus 2013 at 15:00

    bagaimana dg buah alpukat, di artikel ini alpukat adalah buah yg wajib di hindari utk penderita asam urat, tapi di bagian tips sederhana menghadapi asam urat makanan yg mengandung potasium tinggi alpukat bleh dimakan juga.. binggung tolong pencerahannya

     

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s