RSS

Sinode Godang HKBP 2012

01 Sep

JEB – Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) sebagai organisasi keagamaan Kristen terbesar di Indonesia akan menggelar perhelatan besar yaitu Sinode Godang, yang akan berlangsung pada tanggal 10 s/d. 16 September 2012 bertempat di Seminarium, Sipoholon, Tapanuli Utara.

Sinode Godang HKBP tahun ini akan memilih pucuk pimpinan HKBP yang disebut Ephorus, Sekretaris Jenderal (Sekjen), Kepala Departemen Koinonia, Marturia dan Diakonia serta 27 Praeses.  Pada pelaksanaan even besar kali ini dikabarkan bahwa peninjau / pengawas pelaksanaan Sinode Godang HKBP tahun ini ditiadakan.

Dari beberapa Millis yang saya ikuti seperti EBPUDENATA, FORUM PARHALADO HKBP, RUAS NI HKBP NA MASIHAHOLONGAN, Forum Komunitas Ruas HKBP, BKSD (Badan Kerjasama Diakonia Hkbp Jabodetabek), terlihat jelas bahwa para member group mengharapkan agar perhelatan besar tersebut dapat berjalan sukses dan lancar serta selalu berada dalam kuasa Kasih dari Kristus sebagai Kepala Gereja.

Namun demikian ada juga dari beberapa member group millis tersebut memberikan informasi baik yang didengar, dilihat maupun yang jelas dirilis melalui media cetak dan media tv bahwa ada calon Ephorus yang disingkat “Caep” telah melakukan penggalangan kekuatan, adanya calon yang telah membentuk Kabinet Bayangan. Ada juga member group tersebut membuat kriteria panjang untuk dapat dipilih menjadi Ephorus.

Sebenarnya secara umum semua Jemaat dan Parhalado HKBP mengahrapkan bahwa pelaksanaan Sinode Godang dapat  berjalan lancar dan sukses. Sinode Godang bukanlah ajang untuk berebut kekuasaan, melainkan mencari pimpinan bagi jemaat HKBP. Oleh karena itu para Sinodestan sangat diharapkan untuk tidak mementingkan ego dan ambisinya yang bisa-bisa membuat pemilihan Ephorus menjadi deadlock. Jika keadaan ini yang terjadi maka dikawatirkan persoalan ataupun permasalahan yang pernah ada di dalam tubuh HKBP akan terulang kembali.

Semua orang khususnya jemaat HKBP pasti tidak pernah melupakan peristiwa  pro-kontra dalam pembahasan tata tertib pemilihan dengan tujuan agar Sinode Godang mengalami dead lock atau kebuntuan. Dan jika hal ini yang terjadi maka suatu tamparan yang dasyat bagi HKBP.  Suasana akan menjadi chaos (kacau) dan terjadilah deadlock.

Jika Sinode Godang terjadi deadlock maka Sinode akan ditunda, selanjutnya secara otomatis Ephorus saat ini akan diperpanjang masa jabatannya hingga dua tahun kedepan.

Hasil Sinode Distrik telah menetapkan lima calon Ephorus HKBP periode 2012-2016 yang akan dipilih oleh 1379 sinodestan yang merupakan utusan dan perwakilan jemaat dari seluruh distrik Gereja HKBP yang ada di Indonesia dan dari Luar negeri.

Para calon Ephorus periode 2012-2016 sesuai hasil dari Sinode Distrik :

  1. Pdt. WTP Simarmata, MA.,
  2. Pdt. Binsar Nainggolan (Kepala Departemen Marturia HKBP),
  3. Pdt. Ramlan Hutahaean (Sekjen HKBP),
  4. Pdt. Nelson Siregar (Kepala Departemen Diakonia), dan
  5. Pdt. David F Sibuea.

Calon Sekjen HKBP periode 2012-2016 ada  nama:

  1. Pdt. Ramlan Hutahaean MTh,
  2. Pdt. David F Sibuea,
  3. Pdt. Darwin Lumbantobing,
  4. Pdt. Bilman Simanungkalit,
  5. Pdt. Dr Apleften Sihombing,
  6. Pdt. Sabar TP Siahaan,
  7. Pdt. Manarias Sinaga,
  8. Pdt. Donal Sipahutar, dan
  9. Pdt. Morris Sihombing.

 

Dari berbagai sumber.

Iklan
 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 1 September 2012 in Seputar HKBP, Sinode Godang, Sinode Godang HKBP

 

Tag: ,

5 responses to “Sinode Godang HKBP 2012

  1. St. JEB

    3 September 2012 at 11:21

    Kiranya yang terpilih jadi Ephorus, Sekretaris Jenderal dan Ketua Departemen Koinonia, Marturia, Diakonia, adalah yang terbaik dari yang terbaik.
    Tuhan memberkati.

     
  2. Jonni Mangihuttua Silaen

    3 September 2012 at 15:25

    Kita para jemaat hanya bisa berdoa, agar para sinodestant dalam memilih Pimpinan HKBP nantinya berdasarkan imannya, bukan karena iming-iming ini atau itu, mauliate.

     
    • St. JEB

      3 September 2012 at 17:31

      Benar sekali Amang Jonni Mangihuttua Silaen,
      Kiranya Roh Kuduslah yang selalu menyertai mereka dari awal hingga akhir Acara Sinode Godang HKBP tahun 2012 ini, jangan roh duniawi, roh pertemanan atau roh perkoncoan.
      Mauliate Amang, Horas.

       
  3. Jonni Mangihuttua Silaen

    9 September 2012 at 12:51

    Entah mengapa amang, sepertinya saya kurang yakin sinode ini akan berjalan sesuai dengan harapan kita, saya tak tahu mengapa saya kurang yakin

     
    • St. JEB

      9 September 2012 at 17:19

      Kepada Amang Jonni Mangihuttua Silaen,
      Meskipun ada keraguan dihati dan pikiran kita mengenai SG ke 60 ini, yah apapun hasilnya marilah kita terima dengan lapang dada. Dan mudah-mudahan Roh Kudus menyertai Sinodestan dalam ber Sinode Agung.

       

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: