RSS

Kilasan Ulang Pemilihan Ephorus di Sinode Godang Tahun 2008

03 Sep
SINODE GODANG TAHUN 2008
.
JEB – Ketika itu pada hari Kamis, 4 September 2012, di Auditorium Seminarium Sipoholon, Tapanuli Utara, sebagai acara puncak Sinode Godang adalah Pemilihan Ephorus HKBP untuk periode 2008~2012. Pada pemilihan Ephorus tersebut diikuti oleh 3 calon Ephorus yaitu, Pdt. DR. Bonar Napitupulu, Pdt. Willem T.P. Simarmata MA., Pdt. DR. Jamilin Sirait.
.
Hasil akhir pemilihan suara untuk jabatan Ephorus adalah ketiga calon tersebut tak satupun di antaranya yang dapat memenuhi suara sesuai ketentuan yaitu 1/2N + 1.  Para calon Ephorus masing-masing memperoleh suara:
  1. Pdt. DR. Bonar Napitupulu            =   602 suara,
  2. Pdt. Williem T.P. Simarmata, MA.  =   474 suara,
  3. Pdt. DR. Jamilin Sirait                 =   192 suara.
Maka sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pemilihan Ephorus harus dilakukan dua putaran, dengan catatan calon yang maju ke Putaran Kedua adalah calon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan suara terbanyak kedua. Dengan demikian maka Calon Ephorus Pdt. DR. Jamilin Sirait tidak disertakan kembali ke Putaran Kedua.
.
Setelah dilakukan acara pemungutan suara, maka pada perhitungan suara di Putaran Kedua berlangsung cukup ketat. Hasil akhir perhitungan suara :
  1. Pdt. DR. Bonar Napitupulu memperoleh             =  682 suara,
  2. Pdt. Willem T.P. Simarmata MA memperoleh      =  585 suara.
.
Dari hasil perhitungan suara pada Putaran Kedua maka Pdt. DR. Bonar Napitupulu terpilih menjadi Ephorus HKBP periode 2008-2012 pada hari Kamis, 4 September 2012, di Auditorium Seminarium Sipoholon, Tapanuli Utara. Selisih suara kedua calon tersebut adalah 97 suara untuk keunggulan Pdt. DR. Bonar Napitupulu dari sebanyak 2.268 sinodestan yang berhak memberikan suara dalam pemilihan tersebut. Dan dari jumlah itu, satu suara dinyatakan batal.
.
Setelah dipastikan bahwa Pdt. DR. Bonar Napitupulu terpilih sebagai Ephorus HKBP, maka Pdt. Willem T.P. Simarmata, MA., langsung memberikan ucapan selamat dan keduanya langsung saling berpelukan sangat erat dan foto bersama di Altar Auditorium Seminarium Sipoholon. Demikian juga para sinodestan dan peninjau yang setia mengikuti perhitungan suara tersebut langsung memberikan applaus kepada kedua tokoh HKBP tersebut yang terlihat sangat akrab dan tidak sedikitpun wajahnya memancarkan ketegangan karena persaingan.
.
Pemilihan Ephorus dipimpin oleh Ketua Panitia Pemilihan Pdt. Syarif Nababan yang merupakan pendeta tertua HKBP pada pelaksanaan sinode tersebut. Selanjutnya Ketua Panitia  memberikan kesempatan kepada Pdt. Willem T.P. Simarmata, MA., untuk menyampaikan sepatah kata kepada sinodestan dan peninjau. Mengawali ucapannya, Pdt. Willem T.P. Simarmata, MA., mengajak seluruh pimpinan HKBP dan hadirin untuk mengucapkan puji syukur kepada Tuhan karena sinode godang HKBP pemilihan Ephorus dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pdt. WTP. Simarmata kembali mengulangi seruannya pada saat pembukaan sinode ketika memberikan laporan sebagai Ketua Umum Panitia Sinode Godang yang menghimbau agar keutuhan HKBP tetap dijaga. Juga diminta agar ditunjukkan kepada seluruh dunia bahwa kedamaian ada di HKBP.
.
Kepada para pendukungnya Pdt. Willem T.P. Simarmata meminta supaya semuanya mendukung kepemimpinan Pdt. DR. Bonar Napitupulu sebagai Ephorus HKBP. Beliau mengatakan “Sisada tangiang do hita songon naposo ni Tuhan i, asa tapareahi nadumenggan membangun bangsa dan negara dohot masyarakat, ai tusi do hita di jou asa gabe pasu-pasu hurianta di tonga-tonga ni nahumaliang hita” yang disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari para sinodestan dan peninjau.
.
Pemilihan Ephorus tersebut berlangsung lancar dan tertib serta dengan kondisi yang cukup kondusif dipimpin Ketua Panitia Pemilihan Pdt. Syarif Nababan. Acara pemilihan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 19.00 WIB.
.
Acara Sinode Godang untuk pemilihan Sekretaris Jenderal (Sekjen) HKBP, Kepala Departemen Koinonia, Martuaria, dan Diakonia serta 26 Praeses untuk 26 distrik periode 2008-2012, dilanjutkan pada esok harinya.
.
Acara pelantikan Ephorus terpilih dilaksanakan, Minggu 7 September 2008 dalam acara Kebaktian Minggu di Gereja HKBP Pearaja Tarutung oleh pendeta tertua di HKBP. Kemudian acara pelantikan Sekretaris Jenderal HKBP, Kepala Departemen Koinonia, Martuaria, dan Diakonia serta 26 Praeses akan dilakukan oleh Ephorus terpilih.
.
+/ Dari berbagai sumber.
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 3 September 2012 in Sinode Godang, Sinode Godang HKBP

 

Tag: ,

One response to “Kilasan Ulang Pemilihan Ephorus di Sinode Godang Tahun 2008

  1. St. JEB

    3 September 2012 at 17:58

    Proses Pemilihan pimpinan Gereja, yang tidak ada bedanya dengan Pemilu, Pemilukada, dan cukup rawan konflik dan kepentingan.
    Kiranya Tuhan Yesus menyertai Sinodestan pada Sinode Godang tahun 2012 ini.
    Amin.

     

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: