RSS

Money Politik Ancam Sinode Godang

11 Sep
Politik Uang Ancam Sinode Godang
JEB || Monday, 10 September 2012
 
TARUTUNG– Forum jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) menduga kemungkinan intervensi politik dan politik uang dalam pelaksanaan Sinode Godang HKBP yang akan dibuka pada hari ini, Senin (10/9) sangat berpotensi. 
Mereka pun mengingatkan kepada seluruh peserta agar menjauhi praktik haram itu. Sebagai upaya mengingatkah forum akan mengawali Sinode Godang dengan berdemonstrasi.  Aksi demonstrasi ini akan dilakukan dalam bentuk doa bersama selama berlangsungnya Sinode Godang. Salah seorang kordinator aksi itu Pdt. Andi Lumban Gaol mengatakan aksi dalam bentuk doa bersama ini pada awalnya direncanakan akan dilakukan di kawasan Seminarium HKBP. Namun Polres Taput tidak mengeluarkan izin.Semua kawasan kegiatan Sinode Godang harus steril.
 
“Jadi kami akan melakukan aksinya di beberapa kawasan. Di antaranya di kawasan pemandian air panas Sipoholon dan Salib Kasih,” ujar Pdt Andi Lumban Gaol, kemarin kepada SINDO.
Andi memastikan aksi tersebut akan berjalan dengan damai. Sebab tujuan dari aksi tersebut agar para peserta Sinode Godang yang membawa suara jemaat tidak terpegaruh oleh berbagai upaya bernuansa politik ataupun pada politik uang.
 
“Harapan kami untuk itu, karena kami mendengar Sinode Godang sebelumnya ditengarai adanya muatan politik uang yang merusak suara jemaat dalam pengutusan ke Sinode Godang,”katanya. Ketika ditanya berapa banyak jemaat yang akan dilibatkan dalam aksi tersebut,Andi mengatakan,saat ini pihaknya belum dapat memastikan estimasi massa. “Jadi berapa banyak warga yang ikut dalam panggilan jiwa untuk HKBP kita akan ikut dalam aksi tersebut,” katanya.
 
Kasubag Humas Polres Taput, Aipda W Barimbing mengatakan, sejauh ini pihaknya tidak menerima adanya permohonan izin aki unjuk rasa disela-sela Sinode Godang. Namun polisi memangnya tidak mengizinkan adanya aksi di kawasan steril Sinode Godang dengan alas an keamanan. “Informasi itu (ada unjuk rasa) memang sudah kami dengar,namun kami juga melakukan prosedur pengamanan untuk jalannya Sinode Godang,” katanya. 
 
Barimbing menambahkan, jika aksi dilakukan di luar kawasan steril tidak akan jadi masalah dan selama tidak mengganggu jalannya Sinode Godang dan kepentingan umum lainnya. “Kami menghargai berbagai aturan yang menyebutkan kebebasan menyatakan pendapat di depan umum,” katanya. Sementara seluruh kawasan Sinode Godang akan dijaga 390 personil.Terdiri atas unsur Polisi dan TNI serta Satpol PP dan Dinas Perhubungan Taput. “Keseluruhannya akan langsung dipimpin Kapolres Taput, AKBP IKG Wijadmika SIK,” katanya. baringin lumban gaol
.
Iklan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 11 September 2012 in Sinode Godang, Sinode Godang HKBP

 

Tag: ,

One response to “Money Politik Ancam Sinode Godang

  1. Jonni Mangihuttua Silaen

    12 September 2012 at 13:37

    Betapa sedihnya kita sebagai Ruas HKBP kalau sampai terjadi “Politik Uang” di “Sinode Agung”, Tapi kita masih harus mendoakan, agar sinode tersebut berjalan seusai dengan harapan kita sebagai Ruas HKBP, kiranya Tuhan Yesus memberkati para Sinodestant, sehingga mereka tidak tergoda akan hal-hal yang bertentangan dengan iman warga kristen.

     

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: