RSS

Catatan Dari Luar Arena Sinode Godang HKBP

13 Sep
JEB || Berdemo untuk Mengingatkan Kejujuran
Thursday, 13 September 2012
Informasi dan perkembangan pelaksanaan Sinode Godang (SG) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) ke 61 merupakan berita yang dinanti berbagai pihak, khususnya jemaat HKBP di seluruh dunia, dan umat Kristiani lainnya di Nusantara.

SG HKBP adalah penentu siapa pimpinan gereja terbesar di Asia ini untuk empat tahun ke depan. Tentunya sidang-sidang dalam arena SG HKBP begitu padat. Tetapi ada hal lain yang menarik perhatian di luar arena sidang.Misalnya saja, habisnya kamar hotel, tingginya aktifitas dan mobilitas kendaraan di kawasan Tapanuli Utara serta beragam hal lainnya. Ada juga aksi demonstrasi di luar kawasan SG HKBP.Salah satunya dilakukan jemaat Komunitas Doa Bersama. Mereka berdemo dengan tujuan mulia.Yakni, mengharapkan adanya pembaruan di lingkungan HKBP. Aksi yang dilakukan ini berbeda dengan aksi-aksi yang pernah terjadi di lingkungan HKBP sebelumnya.
Aksi ini dilakukan di kawasan Desa Sosor Gambiri.Persisnya di pinggir jalan menuju masuk ke kawasan Seminarium HKBP di Sipoholon tempat berlangsungnya SG HKBP yang hanya berjarak sekitar 300 meter. Mereka berdemo dengan cara yang simpatik dengan menggelar doa bersama untuk mendukung suksesnya proses SG hingga terpilihnya unsur pimpinan HKBP yang sesuai dengan harapan jemaat.Tentunya juga,bebas intevensi politik dan politik uang.
“Kami melakukan kegiatan kerohanian berdoa bersama ini dalam rangka mendukung suksesnya proses berjalannya Sinode Godang dalam rangka pemilihan eporus HKBP 2012-2016 berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan HKBP,”ujar koordinator doa bersama Pdt Dr.Dewi Sri Sinaga.
“Kami berharap aksi ini dapat menjadi sebuah sapaan jemaat kepada mereka para sinodestan yang akan masuk ke kawasan seminarium dan mengingatkan mereka untuk menjadi sinodestan yang menjunjung tinggi kejujuran, keadilan,perdamaian dan perubahan HKBP ke arah yang lebih baik,”katanya Sementara pendeta lainnya yang ikut mendukung aksi ini,Pdt Andi Lumban Gaol mengatakan,aksi dalam bentuk doa bersama ini akan berlangsung setiap harinya hingga berakhirnya SG HKBP “Kami menolak intevensi politik dan politik uang.Maka kami mengawal sampai berakhir,”katanya.
Sebelumnya Ephorus HKBP yang masih menjabat saat ini yakni Pdt Dr Bonar Napitupulu menyangkal adanya politik uang di lingkungan sinodestan yang akan memilih pemimpin HKBP.Menurut ephorus yang telah menjabat dua periode ini,sangat tidak mungkin sinodestan menjual kepercayaan jemaatnya,terlebih kepercayaan Tuhan untuk memilih pemimpin yang akan mengelola HKBP.
Iklan
 
 

Tag: ,

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: