RSS

Pentingnya Keberadaan FKUB di Tingkat Kecamatan.

27 Nov

Kota Serang | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten meminta agar pembentukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ada di setiap kecamatan di Provinsi Banten. Hal ini menyusul adanya instruksi Menteri Agama yang menyatakan betapa pentingnya keberadaan FKUB di tingkat kecamatan mengingat FKUB merupakan ujung tombak dalam menjaga kerukunan beragama.

Demikian Wakil Gubernur (Wagub) Banten H. Rano Karno yang juga sebagai Dewan Penasehat FKUB Provinsi Banten saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Dewan Penasehat FKUB Provinsi Banten dengan Dewan Penasehat FKUB Kabupaten/Kota di Aula Kamentrian Agama (Kemenag) Provinsi Banten, Kecamatan Curug, Kota Serang, Rabu (21/11/2012).

“Indonesia saat ini sedang diujung kerawanan pada tingkat kesenjangan sosial. FKUB ini sangat penting untuk menjalin kerukunan umat, apalagi menjelang 2014, akan timbul kesenjangan, gesekan sosial politik yang bisa jadi akan luar biasa. Saya tidak mau hal itu terjadi Banten, kita perlu antisipasi,” katanya.

Persoalan kerukunan beragama tidak memerlukan kepemimpinan, namun kerukunan membutuhkan masyarakat. Oleh karena itu, keberadaan FKUB ini sangat penting dan membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah dalam membangun kerukunan umat beragama agar senantiasa harmonis dan kondusif di Provinsi Banten.

“Maka ke depan kita akan membuat pawai FKUB se-Banten, hal ini demi menjaga Pemilu 2014 aman dan kondusif. Karena FKUB sangat efektif dan saya tidak mau terjadi apa-apa di Banten,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub juga mengimbau kepada Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mendukung keberadaan FKUB di masing-masing daerah yaitu dengan membentuk FKUB di tingkat kecamatan.

“Kalau FKUB terbentuk di tingkat kecamatan, maka antisipasi konflik di daerah dimungkinkan menjadi lebih cepat tertangani,” katanya. @Adv

Sumber: Koran Tangerang

Iklan
 

Tag: , ,

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: