RSS

Ephorus HKBP Harus bisa di Impeachment

22 Jan
TRIBUN-MEDAN.com, PEMATANGSIANTAR – Selama perjalanan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), seorang Ephorus tidak bisa diturunkan dari jabatannya sebelum masa periodenya berakhir. Ephorus HKBP, Pdt. WTP. Simarmata, MA, menegaskan bahwa  seharusnya  ephorus harus dapat berhentikan di tengah jalan sebelum masa jabatannya (impeachment) jika ephorus tidak melaksanakan amanah yang diembankan.

Dikatakannya, dalam melaksanakan tugasnya ephorus HKBP juga harus di awasi. “Untuk itu, gereja sebesar HKBP sudah harus memiliki Majelis Pusat untuk mengawasi kinerja ephorus,” kata Pdt.  WTP. Simarmata, MA, saat memberi kuliah umum di Sekolah Tinggi Theologia (STT) HKBP, Pematangsiantar, Selasa (15/1/2013). 

Simarmata menjelaskan, dalam menjalankan kepemimpinan di HKBP, pihaknya menetapkan visi HKBP yakni menjadi gereja yang menjadi berkat bagi dunia. Visi  ini dilakukan dengan tiga misi yakni pembaharuan, perdamaian dan pemberdayaan. Pembaharuan yang dimaksud adalah pembaharuan pelayanan yang dilaksanakan seluruh pelayan HKBP.  Karena itu pembaharuan harus dimulai dengan mengamandemen bahkan mengganti Aturan dan Peraturan (AP) yang dianggap tidak sesuai lagi dengan tuntutan  pelayanan.

Misalnya, lanjutnya, dalam AP HKBP disebut tugas praeses, pendeta resort dan guru jemaat adalah memimpin (manguluhon). Idealnya, tugas para pelayan adalah menggembalakan (marmahani), jadi menyangkut tugas para pelayan itu harus diamandemen pada AP HKBP.  

Selanjutnya, menyangkut misi perdamaian, Simarmata menyebut bahwa HKBP terlebih dahulu harus berdamai dengan dirinya lalu berdamai dengan sekitarnya. Dicontohkannya, dalam Sinode Agung (SA) HKBP yang berlangsung September 2012 lalu, masih ada pelayan yang mengarahkan pemikiran mengingat-ingat masa krisis HKBP. Seluruh pelayan HKBP, agar menjadi berkat harus melupakan krisis perpecahan di HKBP di masa lalu dan jangan sampai mewariskannya kepada generasi muda.

“Dalam pertemuan dengan para praeses HKBP, saya sudah imbau agar praeses  menjadi orang pertama yang mengajak semua pihak melupakan krisis tersebut. Jika tidak, berarti praesesnya gagal. Tidak ada lagi pendeta HKBP A atau pendeta HKBP B, yang ada adalah pendeta HKBP,” ujarnya.

Dalam penempatan pelayanan, lanjut Simarmata, akan melihat track record pelayanan. Jadi, para pelayan seperti pendeta tidak perlu mendatangi ephorus untuk meminta tempat pelayanan. Diceritakannya, selama ini ada fenomena bahwa pimpinan pusat HKBP hanya kompak saat mengawali jabatan namun saat mengakhiri jabatan terkesan sudah pecah, ada kepentingan.

Ia mengatakan, pimpinan pusat sekarang yakni Ephorus, Sekjend dan tiga kepala departemen sudah berkomitmen dan berdoa akan senantiasa kompak hingga masa akhir jabatan.

Khusus menyangkut pemberdayaan, kata Simarmata, pihaknya memprioritaskan pelayanan non spritualitas warga HKBP. Diceritakannya, ephorus pertama HKBP, Pdt Dr IL Nommensen, selain memenuhi kebutuhan religiusitas orang Batak terdahulu juga berupaya mensejahterakan masyarakat berupa pendirian sekolah dan pengusahaan pengobatan. 

Karena itu, HKBP dewasa ini harus peduli dengan kemakmuran warga gerejanya. Katanya, pemberdayaan ekonomi warga gereja menjadi prioritas berupa pendirian credit union (CU) yang dikelola gereja HKBP.

Dengan demikian, ke depan HKBP bisa berdaya dan berkualitas. “Sehingga, HKBP tidak perlu meminta jatah jabatan kabinet kepada presiden. HKBP bertugas mengumpulkan dan menciptakan potensi. Pasti akan ada  tawaran menteri,” katanya.

 
Sumber : Tribun Medan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 22 Januari 2013 in Beranda

 

Tag:

One response to “Ephorus HKBP Harus bisa di Impeachment

  1. Jonni M. Silaen

    22 Januari 2013 at 09:54

    Saya sangat terkesan dengan apa yang disampaikan oleh Ompui Ephorus HKBP, tapi saya akan lebih terkesan lagi bila para pejabat HKBP dapat meniru atau menerapkan gaya “KEPELAYANAN” Gubernur DKI Joko Widodo, mauliate.

     

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: