RSS

Paus Benediktus XVI Mengundurkan Diri

13 Feb

Paus Benediktus XVI

INILAH.COM, Vatikan – Paus Benediktus XVI dipastikan mengundurkan diri akhir bulan ini setelah selama delapan tahun memimpin Gereja Katolik. Alasannya, dia sudah terlalu tua dan kesehatannya menurun. Paus kini berusia 85 tahun.

Pengunduran Sri Paus ini menjadi yang pertama kali terjadi di Gereja Katolik sejak 6 abad lalu sekaligus membuat terkejut dunia. Kalangan dekatnya dan pemimpin dunia juga heran dengan keputusannya itu.

Vatikan menyebutkan, Paus yang baru akan dipilih sebelum Paskah mendatang. Paus Benediktus XVI yang bernama asli Joseph Aloisius Ratzinger itu naik tahta pada 2005 setelah kematian Paus Johanes Paulus II.

Sebagaimana dilaporkan BBC, Senin (11/2/2013), keputusan pengunduran diri ini sulit ditolak. Berdasarkan kode pemerintahan Gereja Katolik, yakni yang disebut dengan Canon Law, tidak ada syarat khusus untuk mengesahkan pengunduran ini. Pemerintah Vatikan akan segera mengumumkan persyaratan tersebut.

Pengunduran diri semacam ini sangat jarang. Paus terakhir yang mengundurkan diri sebelum Benediktus XVI adalah Paus Gregorius XII yang mundur pada 1415 akibat keretakan hubungan di Gereja Katolik.

Sumber: inilah.com

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 Februari 2013 in Artikel Katolik

 

Tag:

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: