RSS

Sekilas Kepemimpinan Paus Benediktus XVI

13 Feb

JEB  |  Selasa, 12 Februari 2013  |  01.36 WIB.

Foto Paus Benediktus XVI .

Foto Paus Benediktus XVI .

Lahir dengan nama Joseph Ratzinger pada 1927 di Jerman. Pada usia 14 tahun ia bergabung dengan Pemuda Hitler, sesuatu yang harus dilakukan oleh semua pemuda Jerman ketika itu. Ia ditempatkan di unit antipesawat di Munchen selama Perang Dunia II. 

1945: Sempat dipenjara oleh Sekutu.

1946 ~ 1951:  Belajar filsafat dan teologi di Universitas Munchen.

Juni 1951, bersama saudaranya, Georg, ia diangkat menjadi pendeta. Setelah menyelesaikan program doktor di bidang teologi, Romo Ratzinger menjadi guru besar, mengajar dogma dan teologi di berbagai tempat, seperti Freising, Bonn, dan Munster.

1977:

Karir Joseph Ratzinger menanjak dengan cepat menanjak, dengan diangkatnya sebagai Uskup Agung Munchen dan kemudian Paus Paulus VI mengangkatnya menjadi Kardinal.

1981:

Joseph Ratzinger meninggalkan Jerman untuk meneruskan tugas di Roma. Kemudian Ia diberi tugas mengawal doktrin ajaran Kristen. Pada era 1980-an ia memimpin upaya gereja menangkis apa yang disebut ‘teologi pembebasan’, campuran antara ajaran Katolik dan Marxisme yang populer di Amerika Selatan.

2005:

  • Kardinal Ratzinger memimpin upacara pemakaman Paus Yohanes Paulus pada April 2005.
  • 19 April – Kardinal Joseph Ratzinger asal Jerman terpilih menggantikan Paus Johannes Paulus II saebagai pemimpin ke-265 Gereja Katolik Roma. Kardinal Ratzinger memilih nama Paus Benediktus XVI.
  • 29 November – Vatikan melarang kaum homoseksual menjadi imam.

2006:

  • 9-14 September – Paus Benediktus XVI mengunjungi kampung halamannya di kawasan Bavaria, Jerman. Dalam sebuah pidato di Regensburg 12 September dirinya memicu kontroversi dan protes keras dari kalangan muslim dunia setelah mengutip pernyataan seorang kaisar era Bizantium yang menyebut Islam hanya membawa kejahatan di dunia dan disebarkan dengan pedang. Beberapa hari kemudian Paus menyesalkan reaksi keras atas pidatonya itu, yang disebutnya sebagai kesalahpahaman.
  • 28 November-1 Desember – Paus melakukan perjalanan ke Turki untuk mempererat hubungan antaragama. Dalam kunjungan ini Paus juga berdoa bersama mufti besar Istanbul di Masjid Biru.

2007:

7 Juli – Paus menerbitkan deklarasi yang mengizinkan perluasan peribadatan Latin, sesuatu yang menjadi tuntutan kaum tradisionalis.

2008:

5 Februari – Paus mengubah doa berbahasa Latin untuk peribadatan Jumat Agung dengan menghapus pernyataan mengenai bangsa Yahudi dan “kebutaan” mereka, namun tetap mempertahankan seruan untuk menerima Yesus.

2009:
24 Januari – Paus memicu kontroversi saat mencabut hukuman pengucilan atau ekskomunikasi terhadap empat uskup ultra tradisionalis, termasuk seorang yang menyangkal terjadinya pembantaian etnis Yahudi atau holokaust.

2010:
6 November – Paus Benediktus XVI tiba di Spanyol, negara yang secara kultural dan tradisi adalah negara Katolik untuk kunjungan dua hari. Dalam khotbah peresmian Gereja Sagrada Familia di Barcelona, Paus mengritik tajam aborsi dan pernikahan sesama jenis, yang baru saja dilegalkan di Spanyol. Dia juga mengritik apa yang disebutnya “agresi sekularisme” di Spanyol.

2011:
25 Juli – Vatikan memanggil pulang duta besarnya di Irlandia menyusul pernyataan kritik dari parlemen Irlandia menjelang terbitnya sebuah laporan penyelidikan yang menuduh otoritas gereja Katolik menyembunyikan kasus-kasus pelecehan seksual yang dilakukan oknum imam gereja.

2012:

  • 6 Januari – Paus Benediktus XVI menunjuk 22 kardinal baru. Komposisi kardinal baru ini menyiratkan bahwa Paus berikut kemungkinan besar berasal dari Eropa dan berhaluan konservatif.
  • 6 Oktober – Pengadilan di Vatikan menyatakan seorang mantan pelayan pribadi Paus Benediktus XVI bersalah mencuri sejumlah dokumen rahasia dan menghukumnya 1,5 tahun penjara.

*/ Dari Berbagai Sumber.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 Februari 2013 in Artikel Katolik

 

Tag:

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: