RSS

Gubernur Aceh Tutup 17 Gereja, Mendagri Berang.

19 Jul

SERGAP NTT – Thu, Jul 18th, 2013 NASIONAL | LIPUTAN SERGAP NTT [Media Revolusi]Zaini Abdulah Gubernur Aceh Gubernur Aceh Tutup 17 Gereja, Mendagri Berang

sergapntt.com, ACEH – Zaini Abdullah, eks Petinggi GAM (Gerakan Aceh Merdeka) pemenang pemilukada di Aceh, secara mutlak, lebih 60 persen, usai dilantik oleh Mendagri, membuat gebrakan dengan menutup 17 gereja di Aceh yang dianggap ilegal dan tidak sesuai ketentuan. Keputusan Zaini Abdullah ini, tak urung membuat berang Mendagri dan para pemimpin gereja.

Sebelumnya, pihak gereja telah mengadukan Indonesia ke Lembaga Hak Asasi Manusia PBB, dan Indonesia dimasukkan sebagai negara yang melanggar HAM, karena menghalang-halangi berdirinya gereja.

Zaini Abdullah sendiri membela keputusannya menutup 17 gereja. Kata  Zaini, keputusannya tersebut sesuai aturan yang berlaku di Aceh.

Namun Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, penutupan gereja-gereja itu tidak dapat dibenarkan. Pengaturan pembangunan tempat ibadah, kata Gamawan, sudah diatur dalam surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri.

“Tidak boleh seperti itu. Saya akan bicarakan ini,” kata Gamawan di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu.

Gamawan menjelaskan, ia sudah pernah berbicara dengan pihak Pemda Aceh tentang pembangunan tempat ibadah ketika berkunjung ke Aceh. Semua pihak, harus menaati aturan yang ada. Pengakuan gubernur saat itu, kata dia, sependapat dengan pandangannya.

“Kita hidup plural dan tidak hanya satu agama. Kalau satu agama bisa mendirikan rumah ibadah, silakan diberi tempat . Jangan karena mayoritas kemudian memaksakan yang minoritas. Toleransi itu harus ada,” tegas Gamawan.

Sumber: sergapntt.com

Iklan
 

Tag: , , ,

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: