RSS

Percepatan Pembangunan Ibukota Raya, Wara Hibahkan Tanahnya Untuk Pelebaran Jalan.

15 Agu

[Rano Hutasohit]
Tanah yang diibahkan masyarakat Kecamatan Raya untuk pelebaran jalan mulai dikerjakan rekanan PT Manel Star. Proyek pelebaran jalan tersebut diperkirakan selesai sebelum akhir tahun ini, Rabu (14/8).

SIMALUNGUN – Percepatan pembangunan Kecamatan Raya ibu kota Kabupaten Simalungun disambut dengan antusias masyarakat. Masyarakat Kecamatan Raya dengan senang hati mengibahkan tanah yang berada di depan rumahnya untuk dipakai pelabaran jalan raya.

Saat ini  mulai dari Simpang Merek sepanjang 1 kilometer ke arah Kecamatan Purba sedang dilakukan pelebaran jalan seluas 10 meter. Proyek pelebaran jalan tersebut menelan biaya Rp.17,4 miliar dan dikerjakan PT Manel Star. Diperkirakan sebelum akhir tahun ini proyek pelebaran jalan tersebut selesai dikerjakan.

J Saragih (42), salah warga Kecamatan Raya mengatakan, masyarakat sangat antusias mendukung pembangunan Kecamatan Raya. Yang mana saat ini Kecamatan Raya jauh berubah lebih baik dibandingkan dengan 3 tahun sebelumnya.

Menurutnya, perubahan yang bisa dirasakan masyarakat secara langsung dari infratruktur di Kecamatan Raya yang sudah sekitar 80 persen kondisinya bagus. Ditambah dilakukan pelebaran jalan hingga seluas 10 meter.

“Kami benar-benar bangga dengan Bupati Simalungun yang memberikan perhatian kepada Kecamatan Raya. Daerah ini seperti disulapnya,” katanya terharu.

Masih kata Saragih, selain infratruktur yang diperbaiki, Bupati Simalungun DR.JR. Saragih SH., MM, juga mendirikan komplek perkantoran, perhotelan, universitas, dan sekolah plus di Kecamatan Raya. Itu artinya perputarakan ekonomi di Kecamatan Raya semakin tinggi, otomatis perekonomian masyaratnya semakin sejahtera.

“Kita sebagai masyarakat tidak penting mempertanyakan dari mana uang yang diupayakan Bupati Simalungun untuk merubah Kecamatan Raya ini menjadi seperti ini. Sebagai masyarakat kita menyukuri bisa menikmati pembangunan nyata,” tegasnya.

Firman Purba masyarakat lainnya menambahkan, dengan percepatan pembangunan yang sangat signifikan, masyarakat Kecamatan Raya secara khusus harus menyukurinya. Tanpa disadari dengan program Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM, derajat Kecamatan Raya mulai terangkat kembali.

“Kalau dulu masyarakat malas datang ke Raya karena kondisi jalannya yang sangat memprihatinkan. Berapa priode Bupati Simalungun berganti-ganti, tetap saja kondisi jalan di Raya memprihatinkan. Dan tidak bisa kita pungkiri, bahwa Kecamatan Raya berubah total sejak kepemimpinan Bupati Simalungun,” ucapnya.

Pengawas proyek pelabaran jalan Kecamatan Raya R Manurung mengatakan, setiap warga yang tanahnya terikut dalam pelebaran jalan juga akan diganti rugi kalau ada yang keberatan. Namun, sampainya saat ini masyarakat belum ada yang keberatan.

“Dana pelebaran jalan ini berasal dari dana alokasi khusus provinsi Sumut dengan masa kerja 180 hari kelender. Pelebaran jalan ini merupakan tindak lanjut dari pelebaran jalan seperti sebelumnya di jalan depan perkantoran Pemkab Simalungun,” ujarnya.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Agustus 2013 in Berita Bonapasogit

 

Tag: ,

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: