RSS

15 Tips & Trik Cara Menghapal dan Mengingat Ayat-ayat Emas Alkitab

16 Agu

Menghafal Alkitab sangat baik untuk pertumbuhan iman orang Kristen. Juga bisa semakin mengenal lebih banyak tentang Allah. Namun sering orang mengalami kesulitan saat mengingat-ingat ayat Alkitab. Itu membuat orang tidak betah menghafal ayat-ayat Alkitab yang penting.

Sebenarnya ada banyak metode untuk menghafal ayat Alkitab. Sebut saja yang umum: Anda cukup menulis ayat-ayat yang ingin Anda hafal pada selembar kertas/kartu kecil dan membacanya sesering yang Anda bisa. Untuk era modern sekarang, dengan memanfaatkan tablet atau handphone android, Anda juga bisa menghafal Alkitab dengan teknik yang hampir serupa. Laptop atau komputer Anda juga bisa dijadikan sebagai alat untuk menghafal Alkitab. Jadi, Anda tidak perlu kertas sama sekali!

Mengapa sih menghafal Alkitab itu sangat penting?

Ada banyak manfaat menghafal ayat Alkitab. Misalnya, ketika Anda menghadapi situasi sulit, dengan mengingatnya ayat-ayat Alkitab maka Anda boleh bertahan. Ketika saudara atau teman Anda butuh penghiburan, Anda bisa membantu mereka dengan mengucapkan ayat-ayat Alkitab berisi penghiburan. Firman Tuhan yang Anda hafal bisa menjadi pembangkit semangat dan sukacita di dalam keseharian Anda.

Bagaimana strategi dan trik untuk menghafal Alkitab?

1. Baca berulang. Anda bisa menghafal Alkitab sebelum memulai aktifitas harian Anda. Gunakan Almanak HKBP yang sudah disediakan gereja sebagai alat untuk menghafal Alkitab. Atau boleh juga memilih tema-tema tertentu yang sedang menarik perhatian Anda. Tetapi yang penting, baca berulang-berulang-berulang-berulang dan berulang.

2. Tetap di jalur. Usahakan Anda tetap konsentrasi saat menghafal ayat Alkitab. Jika ada sesuatu yang penting muncul tiba-tiba di kepala Anda, tuliskan saja dulu. Lalu lanjutkan usaha menghafal yang sudah di mulai. Jauhkan diri dari segala gangguan. Matikan handphone, radio, de el el. Fokus pada Alkitab saja!

3. Visualisasikan ayat yang Anda baca. Buat saja gambaran mental ayat yang Anda baca ke dalam pikiran Anda.

4. Buat kata-kata yang berkaitan. Pilihlah kata-kata kuncu dalam ayat-ayat Alkitab yang Anda hafal supaya Anda benar-benar fokus mengingatnya. Gunakan kata-kata untuk membantu mengingatkan Anda terhadap ayat tersebut.

5. Kenali polanya. Kadang-kadang ayat-ayat Alkitab punya pola tertentu yang dapat diamati. Jika itu akan membantu Anda, cobalah untuk memilih pola untuk membantu mengingat ayat-ayat Alkitab.

6. Mulailah dengan ayat-ayat yang mudah. Jangan mulai perjalanan Anda dengan langkah yang berat. Ada beberapa ayat yang sangat panjang dan sulit dihafal dalam Alkitab, jangan mulai dengan ini! Sebaliknya, cobalah beberapa ayat yang lebih pendek yang mungkin lebih mudah dihafal. Misalnya Yohanes 3:16.

7. Pilah-pilih ayat-ayat yang lebih beragam. Cobalah menghafal ayat pendek, lalu kemudian ayat yang lebih sulit. Boleh juga selang-seling mulai dari ayat Perjanjian Lama lalu Perjanjian Baru. Boleh juga mengganti tema-tema hafalannya. Ini perlu untuk menjaga agar otak Anda “overheating” atau “overload”.

8. Buat asosiasi ayat. Coba kaitkan suatu ayat tertentu dengan pikiran atau gambaran mental, agar ayat tersebut semakin tertanam di dalam kepala Anda.

9. Gunakan pengingat (reminder). Kalau sudah hafal beberapa ayat, simpanlah ayat-ayat tersebut dengan menuliskannya pada sebuah buku kecil yang dapat Anda bawa kemana-mana. Jadi, kalau Anda punya waktu senggang dapat melihat daftar ayat-ayat tersebut.

10. Pilih waktu yang tepat untuk menghafal. Tidak semua orang cocok menghafal ayat pada saat pagi. Anda bisa memilih waktu yang benar-benar cocok dengan Anda.

11. Mengubahnya menjadi sebuah lagu/mazmur. Seperti menghafal huruf-huruf alfabet dengan nyanyian, Anda boleh juga menghafal ayat Alkitab dengan cara menyanyikan. Lagian, ada beberapa lagu yang memang dikarang khusus untuk sebuah perikop ayat Alkitab yang sudah terkenal, misalnya Mazmur 23 “Tuhan adalah Gembalaku”. Kalau ingin dengar lagunya boleh download di sini!

12. Coba menggunakan teknik mnemonik. Banyak orang mengingat dengan singkatan kata, atau kode-kode tertentu misalnya SMS untuk Short Message System. Carikan singkatan yang pas untuk ayat Alkitab yang Anda ingin hafal. Itu sangat membantu!

13. Ketik atau tuliskan berulangkali. Saya sering menggunakan cara ini untuk menghafal ayat Alkitab!

Saya bisa berlatih sampai 10 atau 20 kali. Teknik ini juga saya pergunakan untuk menghafal mati partitur organ untuk lagu gereja yang sangat sulit!

14. Dengarkan rekamannya. Perangkat elektronik yang dapat merekam suara Anda dapat ditemukan dengan mudah. Gunakan handphone atau tablet untuk merekamnya dan jadikan ringtone! Asyik kan!?

15. Akhirnya, gunakan software Alkitab untuk membantu mengingat ayat-ayat Alkitab favorit Anda baik di komputer maupun di perangkat lainnya yang memungkinkan.

16. INI BONUS ! Jadikan ayat Alkitab tersebut sebagai wallpaper komputer Anda! Saat komputer menyala, Anda langsung melihat ayat yang sedang Anda hafal. Tentu itu akan membantu mengingatkan Anda. Download pengolah gambar semacam Adobe Photoshop untuk membuat wallpaper Anda sendiri dan gunakan program semacam John’s Background Switcher (Download Gratis) untuk mengganti wallpaper komputer Anda secara rutin.

Jika Anda butuh software pengingat ayat Alkitab, link-link di bawah ini bisa Anda coba:

1. App Pengingat Alkitab untuk Android

2. Aplikasi Mengingat Alkitab untuk Windows

3. App Pengingat Alkitab untuk Apple Ipad, ITunes, atau IPhone

Semoga trik ini membantu!

Sumber: http://pargodungan.org

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 16 Agustus 2013 in Artikel Kristen, Renungan

 

Tag: ,

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: