RSS

WAGUB: Pemda Dorong Peran Dan Tugas FKUB.

10 Sep
WAGUB: PEMDA DORONG PERAN DAN TUGAS FKUB

WAGUB: PEMDA DORONG PERAN DAN TUGAS FKUB

JAKARTA – Provinsi Banten adalah daerah yang berpenduduk majemuk yang terdiri dari beberapa suku yang berbeda latar budaya serta agama yang dianutnya. Penduduk Banten yang sebagian besar menganut agama Islam, tidak sedikit pula yang menganut agama lain (non muslim).

Dengan kondisi tersebut pemerintah daerah (pemda) dan masyarakatnya pada akhirnya harus memahami kearifan lokal, kedewasaan bertoleransi di kalangan umat/warga dalam kehidupan sehari-hari dan dalam menjalankan keharusan ibadahnya menurut kepercayaan masing-masing.

“Pemda selain melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan dan pembangunan, juga memiliki kewajiban memelihara dan mendorong peran dan tugas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). FKUB Provinsi Banten merupakan organisasi lintas agama untuk mendorong peran dan tugas fungsi organisasi dengan memberikan dorongan melalui peraturan-peraturan yang dibentuk kepala daerah dalam rangka mewujudkan kerukunan umat beragama di wilayah Provinsi Banten” tegas Wakil Gubernur (Wagub) Banten saat menjadi narasumber pada acara Fasilitasi Peningkatan Kapasitas dan Kelembagaan FKUB Provinsi dan Kab/Kota di Hotel Jayakarta, Jakarta, Rabu (4/9).

Menurut Wagub, dua kebijakan pokok yang dibuat Pemda Provinsi Banten dalam rangka menjaga kerukunan umat yaitu (1) peningkatan kualitas pelayanan dan pemahaman beragama serta kehidupan beragama; dan (2) peningkatan kerukunan intern dan antar umat beragama.

“Inti dari kedua kebijakan pokok tersebut diharapkan dapat meminimalisir faktor-faktor pemicu konflik dalam kerukunan umat beragama seperti pendirian rumah ibadah, penyiaran, perkawinan beda agama, perayaan hari besar keagamaan, bahkan penodaan agama, disamping faktor lainnya seperti faktor non keagamaan seperti kesenjangan ekonomi, kepentingan politik perbedaan nilai sosial budaya, dan kemajuan teknologi dan percepatan informasi serta penyebab lainnya” terang Wagub.

20130904-A2 PEMDA DORONG PERAN DAN TUGAS FKUB-2

Selain Wagub Banten hadir pula mendampingi Ketua FKUB Banten-Prof.Suparman Usman. Acara yang berlangsung 2 hari ini dihadiri perwakilan peserta FKUB provinsi dan kab/kota se-Indonesia denganmenghadirkan narasumber tingkat nasional seperti Imam Prasojo dan Direktur Sosbud Baintelkam Polri.

 

Tag: , ,

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: