RSS

Ceramah Thema Dan Sub-Tema HKBP.

17 Okt
Published On: Wed, Oct 16th, 2013
Berita | By HKBP

.

Ceramah Thema Dan Sub-Tema HKBP

Hari ketiga pergelaran Rapat Pendeta HKBP adalah dengan dilaksanakannya diskusi panel tentang Tema dan Sub-Tema Rapat Pendeta HKBP 2013. Kedua seminar ini dilaksanakan di dalam 2 bagian terpisah, dimana pada diskusi panel pertama dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB dengan pembicara, Pdt. Dr. Jontor Situmorang, mantan Ketua STT Abdi Sabda, sedangkan diskusi panel kedua dimulai pukul 11.45 WIB dengan pembicara Prof. Dr. HM Ridwan Lubis, MA, Pdt. Dr. Lukman Panjaitan, Pdt. Roida Situmorang, DMin.

Pada Ceramah Tema: “HKBP Menjadi Berkat Bagi Dunia” (Kej. 12:2) yang dipresentasikan oleh Pdt. Dr. Jontor Situmorang, Mantan Ketua STT Abdi Sabda, beliau menekankan bahwa secara umum HKBP sudah menjadi berkat, terbukti dari gagasan HKBP dibidang pendidikan, kesehatan dan pelayanan sosial masyarakat. Banyak warga jemaat HKBP yang juga berperan besar dalam membangun bangsa Indonesia. HKBP sebagai gereja yang besar (4-5 juta), potensi SDM dan berbagai potensi lainnya kalau dikembangkan sedemikian rupa dalam stretegi pembaruan, perdamaian dan pemberdayaan, maka HKBP bisa menjadi kekuatan yang besar untuk mewujudkan berkat di tengah-tengah masyarakat majemuk bahkan ditengah-tengah bangsa-bangsa dan dunia ini.

Pada ceramah Sub Tema: Mengembangkan Pelayanan Dengan Pilar Pembaruan, Perdamaian dan Pemberdayaan di Tengah Masyarakat Majemuk. Diskusi ini di sampaikan oleh: Prof. Dr. HM Ridwan Lubis, MA, dengan judul: Islam Sebagai Rahmatan lil ‘Alamien (Islam Kasih Sayang Kepada Alam Semesta). Beliau menekankan bahwa ajaran Islam adalah ajaran kasih  dan menghendaki kedamaian. Gerakan radikal dewasa ini yang menggunakan simbol-simbol agama tidak menmiliki dasar legitimidasi baik Al Quran maupun Hadis. Oleh sebab itu, semua agama hendaklah mewujudkan ide kasih sayang terhadap alam semesta.

Pdt. Dr. Lukman Panjaitan, menyampakan ceramahnya dengan judul: Dengan Pembaharuan, Perdamaian dan Pemberdayaan Pendeta HKBP Menjadi Berkat Dalam Masyarakat Majemuk. Beliau menekankan bahwa pembaharuan harus terus berlangsung dalam pemikiran, sikap dan tindakan sesuai dengan tantangan jaman serta senantiasa berlandaskan kebenaran firman Tuhan. Untuk itu, para pendeta dituntut untuk memberdayakan diri dan seluruh potensi jemaat agar semuanya memberi manfaat dan menjadi berkat kepada dunia.

Pdt. Roida Situmorang, DMin., dalam ceramahnya membahas: Pembaharuan, Perdamaian dan Pemberdayaan Pendeta HKBP: Menjadi Berkat Ditengah Masyarakat Majemuk. Beliau menekankan bahwa Pendeta HKBP menjadi berkat jika tersadar akan konteks dimana dia berada. Untuk itu setiap pendeta perlu mengasah spiritualnya sehingga kemampuan pastoralnya dari hari ke hari semakin tangguh di tengah-tengah masyarakat yang sedang bergumul, terluka oleh kemiskinan, penyakit dan ketidak adilan. Dengan demikian visi menjadi berkat akan menjadi realita hidup bergereja dan masyarakat.

Dalam ceramah tema dan sub tema ini juga dilaksanakan diskusi bagi para peserta rapat pendeta HKBP. Terlihat kesempatan ini dipakai dengan baik oleh peserta untuk berdiskusi di dalam pembangunan SDM para pelayan HKBP. Akhir dari acara-acara tersebut adalah pemberian ulos dan cendramata oleh Ketua Rapat Pendeta/Ompui Ephorus, Pdt. WTP Simarmata, MA.

Foto Rapat Pendeta Oktober 2013 – Ceramah Thema Dan Sub-Tema HKBP.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sumber: HKBP Pearaja

Iklan
 

Tag:

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: