RSS

Terkait Bubarkan Paksa Kebaktian HKBP Binjai, Ephorus Ajak Jemaat Untuk Menerima Solusi Dari Pemerintah.

08 Des

Terkait Bubarkan Paksa Kebaktian HKBP Binjai, Ephorus Ajak Jemaat Untuk Menerima Solusi Dari Pemerintah.BPB – Tarutung, Adanya pembubaran paksa kebaktian di gereja HKBP Tandem Binjai Sumatera Utara,Minggu (1/12) oleh Front Pembela Islam (FPI) Kota Binjai mendapat respon dari pucuk Pimpinan HKBP dari Pearaja Tarutung.

Menurut Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA didampingi Kepala Biro Informasi HKBP Pdt Bintahan Harianja, STh yang dikonfirmasi koran ini di Kantor Pusat HKBP, Tarutung, Senin, (2/12) mengajak seluruh jemaat HKBP yang ada di sana agar tidak bertindak anarkis dan menghimbau agar jemaat jangan terus bertahan beribadah di tempat tersebut.

Karena menurut Ephorus, bahwa Pemerintah daerah sudah memberikan solusi untuk menyediakan tempat yang mendatangkan kebaikan untuk semuanya. “Untuk itu saya mengajak seluruh jemaat HKBP yang beribadah ditempat tersebut, agar tidak bertahan disana, karena ngapain harus terus menerus bertahan di tempat tersebut dengan kondisi yang konflik. Kita butuh kedamaian dan ketenangan dan demikian juga dari pihak yang lain juga membutuhkan kedamain dan ketenangan.

Jadi ngapain kita menghabiskan tenaga dan energi hanya untuk mengurus hal yang seperti itu, padahal masih banyak yang harus kita pikirkan. Untuk itu marilah kita terima tawaran dari Pemerintah Daerah, yang sudah menyediakan tempat, menjamin keamanan dan menyediakan sertifikat. Saya rasa mundur selangkah untuk maju beberapa langkah jauh lebih baik,”imbuh Ephorus.

Dikatakan Ephorus, Sekjen HKBP bersama dengan Kepala Departemen HKBP sudah berangkat ke TKP beberapa waktu lalu dan semuanya sudah dijelaskan. Akan tetapi entah roh apalah yang hinggap saat itu, sehingga jemaat tetap melakukan aktivitas di sana dan terjadilah pembubaran yang tidak diinginkan itu. “Jujur saja, sudah banyak energy yang terkuras untuk itu, sementara banyak hal yang bisa diperbuat sebenarnya. Untuk itulah HKBP menerima solusi itu untuk kebersamaan dan kedamaian, apalagi ini menjelang Natal. Jadi marilah kita ambil benang dari tepung, benangnya terambil dan tepungnya tidak runtuh,” katanya, seraya menambahkan agar jemaat mengorbankan rasa gengsi, karena Yesus sendiri dirinya dan harga dirinya dikorbankan demi kedamaian dan keselamatan manusia.

Lakukanlah Kedamaian

Sementara itu kepada ormas yang selalu suka melakukan kekerasan, Ephorus HKBP berpesan agar melakukan kedamaian dan anti kekerasan. Marilah lakukan dialog, tidak harus dengan aksi kekerasan, karena bangsa ini adalah bangsa yang bermartabat dan bangsa yang bermoral.

Dan kepada Pemerintah diminta agar jangan sampai absen dalam persoalan yang dihadapi oleh masyarakatnya, berikanlah perlindungan kepada masyarakat. “Kalau bangsa kita ini terus seperti ini maka akan sudah dan sulit berkembang.

Jauh sebelum ada Pancasila, kita sudah berdamai dan hidup rukun serta menghormati satu dengan yang lain. Dan biarlah hendaknya kepelbagaian itu menjadi kekayaan untuk kita, bukan untuk diperdebatkan. Dan saya juga berharap kepada pak Walikota, agar memberikan kenyaman kepada masyarakatnya. Marilah berbuat kepada masyarakat, jangan sampai masyarakat beranggapan, bahwa pemerintah tidak ada bertindak atau diam melihat kondisi tersebut,” tegas Ephorus.

Sementara itu informasi yang dihimpun koran ini, pembubaran paksa itu dilakukan karena belum adanya keputusan Pemko Binjai terhadap jemaat gereja menggunakan gereja tersebut untuk kegiatan apapun. Padahal izin sudah lama diurus. JAS

 

Sumber: Batak Pos

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 8 Desember 2013 in Berita HKBP

 

Tag: ,

Wajib tinggalkan balasan disini:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: